Kamis, 08 Maret 2012

wisata desa

Terdapat wisata hutan bakau yaitu merupakan hutan bakau/vegetasi bakau banyak terdapat di pesisir pantai utara Muara Gembong, akan tetapi kondisinya saat ini telah mengalami kerusakan yang disebabkan oleh penebangan dan terfragmentasi oleh pembuatan tambak sehingga kawasan vegetasi bakau tinggal 386,21 Ha atau 3,4% dari wilayah tersebut berdasarkan data dari analisis Pusat Studi Kelautan tahun 2002. Untuk dapat mempertahankan dan melestarikan mangrove yang ada di pesisir pantai utara Muara Gembong, Tarumajaya, dan Babelan dilakukan usaha sebagai berikut pemanfaatan hutan bakau difungsikan untuk produktifitas yang bersifat berkelanjutan/lestari, dan mempertahankan sistem ekologinya diperlukan peningkatan biodiversitas, khususnya komunitas bakau melestarikan habitatnya.

Juga terdapat wisata tambak yaitu kegiatan budidaya perikanan pantai di Kabupaten Bekasi terdiri dari budidaya ikan dan udang yang tersebar di tiga kecamatan pesisir yang luas tambaknya sebesar 8.020 Ha, yaitu 7.423 Ha di Kecamatan Muara Gembong, 187 Ha di Kecamatan Tarumajaya, dan 410 Ha di Kecamatan Babelan. Dengan adanya perubahan fungsi yang cukup berarti pada ekosistem hutan bakau di tiga kecamatan tersebut, dapat dibuat/dibentuk tiga model tambak di wilayah pesisir Kabupaten Bekasi yang disebut model Kao-kao, Komplangan, dan Gei Wai.

Kondisi perairan yang tenang di pesisir pantai utara Kabupaten Bekasi merupakan potensi untuk pengembangan budidaya laut (marine culture) untuk berbagai jenis ikan maupun rumput laut. Kondisi ini memungkinkan untuk kegiatan budidaya ikan bandeng di Muara Gembong, Tarumajaya, dan Babelan, sementara rumput laut yang dihasilkan di Pantai Desa Hurip Jaya (Kecamatan Babelan) mempunyai kualitas yang terbaik di nusantara.

Pantai Muara Beting

Pantai Muara Beting terletak di Desa Pantai Bahagia Kecamatan Muara Gembong. Pantai Muara Beting sedang dalam proses pengembangan sebagai potensi objek wisata di Kabupaten Bekasi.

Kawasan konservasi terdapat di Muara Gembong sebelah utara sungai Citarum yakni muara Pantai Bendera dan muara Pantai Beting terdapat hutan bakau seluas 70 Ha dimana banyak burung migrasi dari Laut China Selatan dan Laut Pasifik manakala lokasi tersebut setiap tahun arus badai taifun/angin dari arah Pasifik ke China Selatan pada bulan September sampai bulan Februari sehingga terjadi kosentrasi burung migrasi ditempat ini. Selain burung terdapat juga lutung hitam yang sudah langka dan buaya jenis rawa.

Pantai Muara Bendera

Pantai Muara Bendera terletak di Desa Pantai Bahagia Kecamatan Muara Gembong. Pantai Muara Bendera sedang dalam proses pengembangan sebagai potensi objek wisata di Kabupaten Bekasi.

0 komentar: